Langsung ke konten utama

[MUDA ITU PASTI, JADI NEGARAWAN ITU PILIHAN]


“Perbedaan antara seorang politisi dan negarawan adalah politisi hanya memikirkan tentang pemilihan umum, sementara negara­wan memikirkan generasi akan datang”

(James Freeman Clarke: 1810-1888)

Paguyuban atau himpunan mahasiswa daerah sangat terasa sekali untuk mengobati rindu terhadap kampung halaman bagi para anak rantau. Apalagi bagi mereka yang baru jauh terpisah saat kuliah. Jadi ingat pada saat kuliah dulu, jika sudah berkumpul keluar semua bahasa daerah lengkap dengan logat khasnya. Malam  ini, Selasa 4 Juni 2024 Kang Syamsudin Kadir mengajak saya untuk sama-sama menjadi narasumber diskusi buku “Pemuda Negarawan” dimana kami menjadi penulis buku antologi tersebut. Kelompok Diskusi Mahasiswa Muhammadiyah Manggarai Barat (KODIMM-Mabar) Nusa Tenggara Timur menjadi tuan rumahnya.

Diskusi berlangsung penuh kekeluargaan dan hangat di Kedai Bawah Pohon, Jalan Panji Tilar Negara, Mataram. Kang Syamsudin kadir yang mendapat kesempatan lebih dahulu menjelaskan latar belakang penulisan buku “Pemuda Negarawan” , proses audisi dan siapa saja penulisnya yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tak lupa memotivasi pada peserta agar menulis dan harus berkontribusi bagi kampung halaman walaupun berada dirantauan.

Saya coba memaparkan terkait dengan pemuda negawaran yang juga menjadi judul dari buku antologi tersebut. Mumpung jumpa para mahasiswa sekaligus sedikit memprovokasi biar sedikit greget dan terbakar untuk perjuangan membela rakyat. Darah aktivis mahasiswa saya seakan menggelora lagi rasanya jumpa dengan mereka.

Siapa yang disebut pemuda? Menurut  Uundang-Undang Nomor 40 tahun 2009 tentang  Kepemudaan Pasal 1 ayat 1  menyebutkan rentang usia mereka yang masuk kategori pemuda,  “ Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun”. Fisik dan biologis manusia pada usia ini memiliki stamina tinggi dibanding usia sebelum dan sesudahnya. Secara pemikiran dan gagasan pada usia ini mereka memiliki kecemerlangan dengan ide yang jernih dan orisinil. Hingga wajar bila masa muda dilabeli sebagai masa keemasan seseorang.

Hal tersebut benar adanya dan dibuktikan oleh para tokoh bangsa dan pendiri negeri ini. RA Kartini yang hidupnya hanya sampai usia 25 tahun, jejaknya hingga kini tak berkurang dengan emansipasi wanita dan karya literasinya seperti kumpulan surat yang dibukukan menjadi, “Habis Gelap Terbitlag Terang”.  Panglima Besar Jenderal Soedirman saat usia 29 tahun pada tanggal 12 November 1945 terpilih menjadi Panglima Angkatan Perang Indonesia (sekarang TNI) pertama. Pada tahun 1930 Ir. Soekarno membacakan pembelaannya pada persidangan di Landraad Bandung yang berjudul “Indonesia Menggugat” saat usia 29 tahun. Ketika dijebloskan ke penjara di Den Haag Belanda, saat membacakan pidato pembelaan yang berjudul “Indonesia Vrij” atau Indonesia Mederka atau Indonesia Free pada 9 Maret 1928 usia Mohammad Hatta baru 26 tahun. Dan banyak lagi contoh lainnya dalam semesta sejarah Indonesia.

Selanjutnya yang dimaksud dengan negarawan menurut KBBI adalah ahli dalam kenegaraan; ahli dalam menjalankan negera (pemerintahan); pemimpin politik yang secara taat asas menyusun kebijakan negara dengan suatu pandangan ke depan atau mengelola masalah negara dengan kebijaksanaan dan kewibawaan. Sedangkan menurut pengamat politik dari Reform Institute, Prof Yudi Latif  “Negarawan memberikan jiwa raganya untuk negara, sedangkan politikus mencari sesuatu untuk jiwa raganya dari negara.”.

Seorang negarawan memiliki visi dan pandangan kedepan tidak hanya kepentingan sesaat dan jangka pendek. Mereka sosok yang bijaksana dan dewasa, rasional dan tidak emosional. Bisanya secara spiritual  dan moral memiliki kekokohan hingga punya pegangan hidup yang tak tergoyahkan apalagi dengan hal receh dan sepele.

Menurut Prof. Dr. M. Solly Lubis, negarawan merupakan mereka yang mempunyai visi kenegarawan dengan futuristic view yang mampu memperhitungkan kepentingan bangsa dan negara dalam kurun waktu panjang kedepan, bukan jangka pendek apalagi pragmatis. Negarawan sudah pasti memiliki kapasitas sebagai politisi bahkan memiliki nilai tambah dari sekedar politisi, sementara seorang politisi belum tentu mampu mencapai level negarawan.

Biasanya negarawan ini melekat pada sosok yang sudah tua dan usia senja dengan sederet pengalamannya. Tapi, kita ingin sesuatu yang luar biasa. Anak muda yang negarawan, karena itu tidak mustahil sebab telah dicontohkan oleh para pendiri bangsa. Untuk menjadi pemuda negarawan ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi oleh para pemuda ini.


Pertama, Mengetahui kebutuhan jamannya dan bisa memfirasati masa depan. Pemuda negarawan tak hanya tau kebutuhan pribadi dan kelompoknya saja, tapi paham dan mengerti apa yang dibutuhkan pada generasi dan jamannya hidup. Bahkan dengan beragam wawasan kekinian yang dimilikinya ia mampu memprediksi gambaran masa depan seperti apa hingga dapat difirasati tantangan, peluang, hambatan serta bagaimana menaklukannya.

Kedua, Selalu memperkaya wawasan dengan menjadikan membaca, menulis dan diskusi sebagai tradisi. Agar menjadi sosok yang mengerti jaman ini dan masa depan tak ada kata lain menyiapkannya, kecuali dengan banyak membaca. Para pendiri bangsa dan kaum pergerakan menjadikan membaca sebagai cara memahami dunia dengan segala kompleksitasnya. Kita bisa cari tau seberapa banyak buku perpustakaan atau koleksi pribadinya, maka kita akan terperangah dibuatnya. Dengan kondisi bangsanya masih terjajah, akses informasi dan pendidikan dibatasi dari mana Soekarno mendapatkan buku sebanyak 12 peti yang dibawanya saat diasingkan ke Bengkulu dan Moh. Hatta mengikut sertakan 16 peti buku untuk membersamainya saat dibuang ke Boven Digul Papua oleh Belanda. Belum lagi para pendiri bangsa lainnya.

Selain membaca, menulis dan diskusi menjadi ritual jika ingin menjadi pemuda negarawan. Menulis akan membiasakan menghimpun gagasan dan menyampaikannnya secara utuh sedangkan diskusi menguji ide tersebut dengan beragam orang dan beragumen untuk mempertahankannya. Jadi memang benar-benar akan mendewasakan secara pikiran, bijaksana dalam melontarkan gagasan dan teruji dengan ide yang benar-benar asli dari diri sendiri. Membaca menjadi basis pemikiran, diskusi sebagai amunisi bagaimana berdialektika dan menulis sebagai cara pewarisan gagasan.

Ketiga, Berdebat untuk beradu gagasan  mencari kebenaran, bukan siapa yang menang. Masa mahasiswa dan muda merupakan ruang mencari eksistensi. Kadang yang dikejar hanya sekedar tampil untuk dilihat banyak orang, berbicara sesering mungkin jika ada kesempatan, bersuara keras menggelegar sambil memukul meja agar memenangkan perdebatan. Tapi bukan itu pemuda negarawan yang ingin dituju. Mereka berdebat dan diskusi untuk mencari kebenaran. Hingga memang bekal argumennya kuat, landasan berpikirnya kokoh hingga tak mudah goyah dan terpatahkan, kecuali dengan kebenaran.

Pemuda negarawan itu bukan ilusi atau mimpi, tapi sosok yang ada dan dapat diwujudkan. Mereka pernah ada di masa lalu, sekarang dan kedepan. Tinggal apakah kita mau menjadi salah satu dari mereka? Maka persiapkanlah diri agar layak. Menjadi muda semua orang bisa, bersosok negarawan itu pilihan.

04 Juni 2024

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

07 [EMAS ACEH UNTUK INDONESIA] Gerimis Desember

  Pada 16 Juni 1948, Presiden Soekarno berpidato di Kutaraja (sekarang Banda Aceh), salah satu isinya meminta rakyat Aceh menyumbang untuk Republik yang masih rentan karena kekosongan kas negara. Kemudian para Teungku dan tokoh Aceh ikut turun tangan, diantaranya Teungku Muhammad Daud Beureueh dengan pengaruhnya dan Teungku Nyak Sandang yang saat itu masih berusia 23 tahun, berinisiatif menjual emas dan tanah miliknya. Kemudian diikuti oleh para saudagar kaya Aceh hingga rakyat kecil pun banyak berkontribusi menyumbang emas yang disimpannya secara sukarela.   Pada akhir kunjungannya 20 Juni 1948 dari rakyat Aceh terkumpul 20 kilogram emas dan setidaknya tidak kurang 120 ribu dolar Singapura untuk membeli sebuah pesawat Dakota pertama milik republik yang diberi nama RI-001 Seulawah. (Buku “Pemuda Inspirasi Wajah Negeri” halaman 22-23). Banjir dan longsor yang menimpa Aceh, Sumatera Barat dan Sumatera Utara akhir bulan November lalu memakan korban lebih dari 900 jiwa meninggal ...

12 [BUKU KARYA KOMUNITAS] Gerimis Desember

  Buku karya para pegiat menulis tentu sudah biasa. Buku karya komunitas literasi, itu harus karena merupakan pembuktian. Buku tulisan komunitas menulis, tidak aneh. Yang malahan aneh jika komunitas menulis tidak memproduksi tulisan dan melahirkan buku karya. Bulan lalu alhamdulillah bersua dengan buku "Bukan Kisah Biasa, Perjalanan Cinta Para Pejuang Al-Qur'an" dan berjumpa salah seorang penulisnya Mbak Rahayu Praya Ningsih . Bukunya masih hangat, terbit bulan November lalu. Berisi 25 tulisan dari 14 penulis pegiat Al-Qur'an pada Graha Alquraniyah Mataram. Isinya terkait kisah-kisah inspiratif dan berenergi yang tercecer dari aktivitas mereka pada zona pengabdiannya tersebut. Walau saya dulu pernah membaca cemoohan seorang akademisi, "Nulis buku kok banyak sekali penulisnya?". Saya dalam hati bertanya balik, "Emang ada larangannya dan haram?". Mungkin si akademisi lupa ini buku, bukan jurnal yang punya batasan jumlah penulis. Selalu angkat to...

13 [SAKIT DAN MINDSET] Gerimis Desember

  Akhirnya harus konsultasi ke dokter setelah tiga hari mencoba survive dengan batuk dan radang tenggorokan. Biasa akhir-akhir ini penyakit musim cuaca tak menentu banyak mencari tempat di masyarakat, macam batuk, flu, radang, demam dan sekawanan nya. Dan saya beruntung beberapa dokter tempat meminta "racikan" penyembuh selalu memberi ruang bertanya dan dapat pencerahan lebih banyak dari waktunya memeriksa di atas ranjang pemeriksaan. Saya sampaikan, coba-coba saya lihat di dunia maya tentang sakit yang diderita. Terkait penyebab, gejala, efek samping dan pengobatannya. Si dokter memberi saran agar tidak sepenuhnya mengikuti hal itu. Sebab tanpa didasari pemeriksaan terhadap pasien yang membaca, tiap pasien tidak sama persis gejalanya. Apalagi kemudian video-video di media sosial itu mempengaruhi mindset dan alam bawah sadar hingga menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan berlebihan pada sakit yang di derita. Ujungnya kepikiran dan membuat tubuh lebih cepat drop. Kami tutup ...